Monday, May 09, 2005

Industri Hi-Tech Dikalahkan Supermarket!

Rating Top 10 Servis Pelanggan
detikcom – Jakarta
Bagaimana mungkin bukan industri teknologi canggih yang menempati urutan teratas dalam rating layanan terbaik bagi konsumen? Dari 10 perusahaan industri berat, bisnis supermarket mengalahkan segalanya.
Menurut Harris Interactive, sebuah perusahaan riset yang mengadakan polling isu terkait, industri supermarket unggul sebanyak 84 suara dalam hal pelayanan prima bagi para pelanggan.
Hal ini tentu saja sangat mengagetkan. Padahal sembilan pesaing lainnya adalah kelompok-kelompok industri berteknologi canggih yang notabene terlihat lebih 'berbobot' dari hanya sekedar bisnis supermarket.
Poling yang dilaksanakan tiap tahun ini, diambil berdasarkan penelitian terhadap lebih dari seribu orang dewasa Amerika Serikat. Mereka disuruh menilai apakah sebuah industri telah memberikan pelayanan yang baik atau buruk terhadap pelanggan atau konsumen. Hasil akhir didapat dari pengurangan respon negatif
dengan respon positif.
Menyusul di posisi kedua adalah kelompok industri piranti keras atau hardware komputer. Diikuti industri layanan situs mesin pencari pada posisi tiga. Posisi empat ditempati kelompok industri piranti lunak atau software. Walaupun begitu, sebenarnya industri software ini sempat bersitegang memperebutkan posisi empat dengan kelompok industri makanan kaleng.
Sementara itu sisanya, kelompok industri retail online dan layanan penyedia jasa internet, masing-masing secara berurutan menempati posisi delapan dan sembilan.
Dan habitat terakhir, dihinggapi oleh kelompok industri perusahaan-perusahaan minyak, dengan nilai 36. Kemungkinannya mendapat urutan terbawah adalah karena ketidakpuasan publik akan harga minyak yang tinggi. Demikian ujar Harris, seperti dilansir TechWeb, dan dikutip detikinet Jumat (29/4/2005).

No comments: